Mobil Sedan Corolla-Mobil Paling Laris di Australia 2013

Menurut media otomotif mobilxmotor.com segmen mobil paling laris di Indonesia adalah mobil Toyota Avanza, kalau di Australia menurut data dari Federal Chamber of Automotive Industrie, Mobil Sedan Corolla yang menjadi mobil paling laku. Di Australia, mobil corolla ini dijual dengan dua model, Sedan dan Hatchback yang menurut data sudah terjual sebanyak 39.794 unit selama tahun 2013 ini, kalau dibandingkan tahun lalu berarti mengalami kenaikan 12,9 persen dengan waktu yang sama.

Dengan pencapaian ini, Mobil Corolla sukses melengserkan Mazda3 yang sudah dua tahun berturut-turut mencapai penjualan tertinggi. Sampai dengan 30 November, Mazda3 baru terjual sebanyak 38.060 unit, yang berarti mengalami penurunan sebanyak 3,6 persen. Walaupun terpaut 1.734 unit, akan sulit bagi Mazda untuk bisa menyalip Toyota hingga akhir bulan Desember tahun ini. Meskipun, di bulan Februari tahun depan, Mazda akan meluncurkan model baru.

Guna mempertahankan posisi teratas, Toyota akan memperkuat jajaran mobil kecil tahun depan. Di antaranya Toyota akan meluncurkan generasi baru dari Mobil Sedan Corolla. Tony Cramb selaku Direktur Eksekutif Toyota Asutralia mengatakan bahwa dia belum berani mengklaim kemenangan untuk Corolla. Meskipun ia yakin mobil ini akan menjadi terlaris di Australia tahun ini.

Kalau dilihat di dunia otomotif tanah air, Mobil Sedan Corolla keluaran lama masih cukup banyak penggemarnya. Mobil Sedan Corolla kularan tahun lama menjadi koleksi banyak pnghobi mobil, padahal menurut umur mobil, jenis mobil sedan corolla perlu perawatan ekstra. Sekarang ini pasaran mobil sedan corolla Greco keluaran 1992-1995 bisa dibandrol kisaatan dari Rp 50 juta-an sampai ratusan juta. Kalau kamu sedang berminat berburu sedan bekas, Danang memberikan tips kalau mobil sedan corolla Greco bisa menjadi alternatif utama. Gambaran penghitungannya, cukup menambah biaya Rp 5 juta untuk perbaikan kaki-kaki, Rp 5 juta untuk turun mesin, dan Rp 5 juta lain untuk perbaikan-perbaikan kecil lain. “Dengan dana itu sudah cukup, pasti kembali nyaman lagi mobilnya,” jelas Danang.

Kalau mobil sedan corolla model DX harga jualnya malah bisa lebih mantap lagi bro.. “Untuk bahan yang kondisinya berkarat, banyak dempulan, cat pudar, dan banyak komponen orisinalnya hilang, paling murah harganya sekitar Rp 25 juta-an. Akan tetapi kalau mobil sedan corolla DX itu sudah jadi, keren dan full original ada yang berani bayar sampai Rp 100 juta,” begitu katanya Andika Pramana, pemilik Corolla DX keluaran 1982 yang tergabung dalam Indonesia Corolla DX Community Chapter Depok.

Restorasi dan modifikasi Mobil Sedan Corolla

Indonesia Corolla DX Community Chapter setuju kalau faktor harga semakin melambung karena banyaknya konsumen yang berminat mempunyai mobil klasik dengan beragam nilai historis dan juga melegenda. Bukan cuman ingin memiliki penampilan yang orisinal seperti pertama kali keluar, namun juga direstorasi atau dimodifikasi dengan aliran sesuai keninginan. Bahkan balap retro nasional sekarang ini masih dihias oleh beberapa Mobil Sedan Corolla DX yang menjadi andalan. Alasan dari para pebalap, mudah dikendalikan dan mudah dimodifikasi.

Selain itu, bagi para modifikator, Mobil Sedan Corolla DX juga mudah dimodifikasi dan cocok dipasangi model body kit dengan model dan aliran apa pun. Beberapa kontes modifikasi yang digelar masih menampilkan sosok DX bergaya balap, rally, vintage, dan paling banyak retro.

Komponen Mobil Sedan Corolla

Memang lumrah kalau pebalap dan modifikator mobil banyak yang memilih Mobil Sedan Corolla DX kalau dibandingkan dengan merek dan model lain yang seangkatan. Dikarenakan, komponen pendukung masih banyak dijual di toko onderdil. Bahkan saat kopi darat, para anggota klub kerap memberikan alternatif tempat dan juga alamat toko spare part baru yang lebih murah dan terjamin.

“Untuk beberapa komponen bawaan pabrik memang sulit dicari, terlebih yang sifatnya kelengkapan bodi, seperti spion asli, side body moulding, dan beberapa part lain. Tapi, itu yang membuat kita makin asyik untuk berburu. Sedangkan onderdil selain standar pabrik, ada after market yang tak kalah bagus dan awet dipakai,” beber Andika yang mengaku sudah mengenal dan mengemudi Corolla DX sejak SMA hasil dari pemberian orangtuanya.

Bandelnya Mobil Sedan Corolla

Faktor kuat lainnya yang menjadikan ratusan anggota klub itu senang memakai “barang antik” tersebut adalah tidak rewel alias bandel. “Apalagi mesin. Gampang merawatnya dan kalau ada apa-apa masih banyak cadangannya karena Kijang lama masih banyak yang pakai, terutama mesin tipe 4K dan 5K. Atau mesin sudah tidak bisa dipakai, masih banyak yang jual gelondongan,” tambah Andika.

Diakui, dengan perawatan berkala yang baik, DX masih bisa dijalankan 10 km dengan hanya 1 liter bensin (10 kpl) dalam kondisi macet. Untuk merawatnya, dibutuhkan dana sekitar Rp 500.000. “Sebenarnya biaya servisnya murah, yang mahal hanya oli saja. Untuk oli dengan spesifikasi cukup baik bisa sekitar Rp 300.000 untuk 4 liternya. Sedangkan servis antara Rp 100.000 – Rp 150.000 saja,” ungkap Andika yang menggunakan DX rata-rata 600 km setiap bulannya.

Rujukan; http://oemarbakries.blogspot.com/2013/11/mobil-sedan-corolla.html

 

Leave a Reply